Kesadaran Jargon dalam Pesan Email

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi Anda menggunakan kosakata khusus setiap hari. Dalam pengaturan profesional tempat kerja, kosakata khusus ini disebut sebagai "jargon."

Jargon adalah bahasa yang Anda gunakan untuk mendiskusikan masalah dalam perusahaan Anda (misalnya, Perusahaan Widget XYZ), dalam industri Anda (misalnya, asuransi), atau dalam jenis posisi Anda (mis., Pemasaran). Bahasa ini dapat terdiri dari istilah teknis, singkatan, dan akronim.

Kesulitan dengan jargon adalah bahwa hanya orang-orang dalam kelompok (apa pun kelompoknya) yang memahaminya. Istilah teknis dan akronim yang mungkin baik untuk interoffice email korespondensi tidak akan sesuai ketika berkomunikasi dengan seseorang di luar grup, seperti pelanggan.

Kenali Pemirsa
Saat menentukan apa, jika ada, jargon yang digunakan, ingatlah selalu pada pemirsa. "Kelompok" apa pembaca ini anggota dari? Akankah dia memahami akronim atau singkatan ini? Jika ragu, hindari singkatannya, dan sebutkan.

Ketahui bahwa jargon tidak hanya merujuk pada masalah yang terkait dengan pekerjaan. Jika Anda bekerja untuk perusahaan, Anda menggunakan istilah yang unik untuk industri Anda. Jika Anda mengirim email kepada seseorang di luar industri Anda, Anda perlu meninjau pesan dan menghapus istilah industri yang berpotensi membingungkan.

Contoh

Menggunakan berbagai bentuk jargon, berikut ini beberapa contoh tanggapan atas pertanyaan yang sama:

"Dimana kamu bekerja?"

1. (Siapa yang bertanya): Seseorang di departemen yang sama

(Respon): Saya bekerja di CRT.
[Ini adalah Tim Sumber Daya Pelanggan.]

2. (Siapa yang bertanya): Seseorang di perusahaan yang sama

(Respon): Saya bekerja untuk HLICO.
[Ini singkatan dari Perusahaan Asuransi Jiwa Selamat.]

3. (Siapa yang bertanya): Orang yang bekerja di luar industri

(Respon): Saya bekerja untuk perusahaan asuransi.

4. (Siapa yang bertanya): Seorang anak kecil

(Respon): Saya membantu orang menghemat uang hari ini, sehingga mereka dapat membeli permen dan es krim nanti.

Penting untuk diingat bahwa bahasa yang Anda gunakan di lingkungan kerja sehari-hari Anda unik. Menggunakan bahasa ini dengan orang yang salah dapat menyebabkan dia menjadi malu atau bingung. Anda tidak ingin terlihat merendahkan kepada pelanggan atau rekan kerja.

Sadarilah kapan jargon itu pantas dan kapan tidak. Ketika Anda mengetahui perbedaannya, komunikasi yang lebih efektif akan mengikuti.

Baca juga artikel saya yang lain SAYA TELAH DIHADAPKAN PADA KEBENARAN YANG GELAP DAN SEKARANG ANDA AKAN DAPAT ... GESER PIKIRAN-BLOWING, CASH-SPEWING, untuk informasi anda yang lebih.

Previous
Next Post »